Toyama Keiichiro : Maestro Game Psikologikal Horror yang Hampir Terlupakan

 

Toyama Keiichiro, seorang Direktor games sekaligus desainer yang sukses mengorbitkan berbagai game fenomenal ke kancah dunia internasional. Banyak games yang ia rancang tersebut sukses menjadi blueprint awal dari banyak konsep game psikologikal horror modern ke depannya

Sebelumya, kita pernah menyinggung sedikit sebuah games psikologikal-horror fenomenal yang berhasil membawa suasana yang cukup kelam dengan ceritanya bernama game "Silent Hill". Diketahui bahwa game tersebut ternyata tidak serta merta dikonsepkan oleh Masahiro Ito yang kita ketahui, melainkan orang yang berbeda yang berhenti pada masa pra produksi game tersebut. Namun, direktor game dan desainer sehebat itu tidak dapat kita anggap remeh pekerjaannya hanya karena berhenti dari proyek ambisius yang sukses mencatatkan sejarah sebesar serial game Silent Hill ini. Oleh sebab itu, marilah kita berkenalan dengan sang maestro yaitu Toyama Keiichiro, Sang Direktor games Psikologikal horror modern yang sudah ia hasilkan dan dirasakan oleh banyak generasi di seluruh dunia


Maestro Game Psikologikal Horror yang Hampir Terlupakan 

Sumber: http://www.world-art.ru/people.php?id=79627

Perkenalkan “Toyama Keiichiro”, Sang direktor sekaligus desainer game psikologikal horror modern sekaligus orang yang berhasil menghasilkan banyak karya yang sukses di pasar internasional seperti Silent Hill (meski hanya blueprint awal), Siren, & Gravity Rush. Direktor games hebat itu lahir pada 1970 di Prefektur Miyazaki, Jepang itu sangat tertarik dengan dunia seni terutama teknologi video game yang sedang berkembang pesat di Jepang pada masa pertengahan 1980an yang membawanya masuk ke jurusan Seni di Universitas Zokei Tokyo. Setelah lulus di tahun 1994, dirinya pun segera mendaftarkan diri & bekerja di perusahaan game ternama Konami dengan tugas pertamanya sebagai desainer game Snatcher yang dirilis pada konsol Sega & International Track & Field yang rilis pada konsol PSone antara tahun 1995-1997.

Karena potensialnya yang lumayan menarik perhatian CEO Konami kala itu, ia pun segera ditunjuk memimpin sebuah tim rahasia untuk  mengembangkan sebuah game yang diharapkan dapat menjadi pesaing seri Resident Evil yang dirilis oleh rival Konami yaitu, Capcom ditahun 1997. Ia pun segera mengkonsepkan ide dasar game psikologikal horror itu bersama para desainer Konami lainnya seperti Masahiro Ito, Masashi Tsuboyama, Kazuhide Nakazawa, Hiroyuki Owaku, Akira Yamaoka, Gozo Kitao, dan lain sebagainya. Namun ditengah pra produksi, akibat terjadinya kesalahpahaman Toyama terhadap pihak Konami yang menekan para anggota dalam jam kerja yang melebihi limit batas normal & isu dipotongnya dana proyek, memaksa dirinya harus keluar dari tim tersebut sebagai bentuk protes terhadap Konami kala itu.


Setelah keluar, Toyama Keiichiro pun membentuk sebuah tim


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermain Granny Dalam Mode Extream, Miawaug dan kawan nya: Ketar-Ketir

Pionnering The Dark Side: Bagaimana Genre Horror Terkenal di Industri Game?

Zoonomaly: Kebun Binatang Yang Penuh Dengan Keanehan