Ketakutan & Kengerian: Biografi Shinji Mikami, Sang Bapak Game Horror Modern

Shinji Mikami, seorang developer games  yang sukses mengorbitkan berbagai game fenomenal ke kancah dunia internasional. Games nya tersebut sukses menjadi penentu standar game horror modern ke depannya

Sebelumya, kita pernah membahas sebuah games survival-horror fenomenal yang berhasil membawa suasana yang cukup kelam dengan ceritanya yang dark, penggambaran kehidupan post-apocalypse yang cukup brutal, serta penjelasan terkait malpraktek ujicoba senjata biologi yang cukup detail tertera di sepanjang seri permainan Resident Evil tersebut berjalan. Namun, games sehebat itu tidak mungkin diciptakan oleh seorang yang sembrono dan bekerja secara asal asalan dalam prosesnya. Oleh sebab itu, marilah kita berkenalan dengan sang creator yaitu Shinji Mikami sang Sang Bapak games horror modern yang sudah ia hasilkan dan dirasakan oleh banyak generasi di seluruh dunia.


Bapak Game Horror Modern dari Negeri Sakura

Sumber: https://sg.news.yahoo.com/game-designer-shinji-mikami-is-leaving-the-bethesda-studio-he-founded-174159251.html

Perkenalkan “Shinji Mikami”, Sang Bapak Game Horror Modern sekaligus orang yang berhasil menghasilkan banyak karya yang sukses di pasar internasional seperti Resident Evil ataupun Dino Crisis. Desainer games hebat yang lahir pada 11 Agustus 1965 di kota Iwakuni, Prefektur Yamaguchi, Jepang itu, sebenernya memiliki masa kecil yang cukup kelam. Dirinya lahir dari orang tua yang menikah muda dan belum siap berkeluarga itu membuat Shinji kecil menjadi sering menjadi target pelampiasan sang ayah yang temperamental. Dirinya jarang bermain, membayangkan bagaimana indahnya bermain saja ia tak bisa karena ia harus membantu pekerjaan orang tuanya di waktu senggang diluar jam sekolah. Ketertarikannya pada dunia game dimulai ketika ia masuk ke bangku SMA, perkembangan game pada masa itu yang cukup masif terutama dari konsol milik perusahaan seperti Sega, Nintendo, dan Capcom yang bersaing di pasaran kala itu membuat dirinya ingin mempelajari bagaimana proses pembuatan dari permainan yang ia mainkan. Terlebih lagi ketika beberapa film seperti The Texas Chain Saw Massacre dan The Evil Dead yang booming di bioskop Jepang pada kala itu, membuat nya tertarik mendesain sebuah permainan horror yang dapat diminati oleh banyak orang.

Selulusnya ia dari Universitas Doshisa, dirinya pun mulai mencoba terjun pada dunia perkembangan games dengan bergabung ke Perusahaan Capcom di divisi pengembangan games diawal 1990an. Ia bertugas untuk mendesain sebuah game arkade yang dapat dipasarkan dan mengalahkan berbagai pesaingnya seperti Sega, Taito, dan Nintendo yang sudah bercokol terlebih dahulu dipasar game arkade tersebut. Capcom Quiz: Hatena? no Daibōken (1993) menjadi game pertama yang ia hasilkan selama kariernya dirintis, walaupun tidak begitu sukses tapi menjadi dasar bagaimana ia menciptakan berbagai games kedepannya. Setelah beberapa karya berikutnya yang ia ciptakan itu berhasil dirilis ke pasaran, Tokuro Fujiwara yang merupakan petinggi di perusahaan Capcom itu tertarik dan mempercayakan Shinji untuk mengembangkan sebuah proyek diluar nalar yang dibayangkan dapat mengalahkan berbagai kompetitor di masanya. Memanfaatkan aset-aset dari game Sweet Home yang dirilis pada masa sebelumnya, Shinji & tim pun mulai mendesain sebuah game survival-horror zombie yang akan menggemparkan dunia yang kita kenal sekarang sebagai franchise Resident Evil.

Kesuksesan Shinji dalam menghasilkan mahakarya yang bahkan setelah hampir 30 tahun lamanya itu masih kita dapat rasakan hingga saat ini, memaksa dirinya terus mengembangkan berbagai seri lanjutan dan game-game yang memanfaatkan dari aset permainan itu seperti pada karya Dino Crisis, Devil May Cry, dan berbagai karya lainnya yang diterbitkan pada masa masa setelah nya. Dirinya juga sempat mendapat penghargaan dari media games besar asal Amerika yaitu IGN pada nominasi 100 desainer terbaik sepanjang masa pada 2009. Sampai saat ini, dirinya mulai mengembangkan studio game miliknya sendiri dan akan terus berkarya sambil dikenang sebagai Bapak Game Horror Modern lewat berbagai karya yang masih terus dimainkan oleh orang-orang dari lintas generasi dari dulu hingga kini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermain Granny Dalam Mode Extream, Miawaug dan kawan nya: Ketar-Ketir

Pionnering The Dark Side: Bagaimana Genre Horror Terkenal di Industri Game?

Zoonomaly: Kebun Binatang Yang Penuh Dengan Keanehan